Minggu, 02 Agustus 2009

Pengertian refgerasi dan AC

Pengertian refgerasi dan AC

Room air conditioner (RAC) adalah salah satu alat yang dapat membuat dan memenuhi orang menjadi nyaman karena udara tidak menjadi panas.
Umumnya orang masih mengira bahwa RAC adalah suatu alat yang hanya di pakai untuk mendinginkan udara di dalam ruangan saja.
Sebenarnya fungsi dari RAC adalah lebih dari mendinginkan udara saja. Sesuai dengan namanya Air conditioner berarti pengatur udara,

Refrigerant adalah bahan yang mudah sekali menguap dipilih sebagai bahan pendingin dalam mesin – mesin pendingin.
Refrigerant yang umum di pakai, di dalam system pendingin bentuknya berubah – ubah dalam bentuk cairan dan gas.
Pada kompresor (refrigerant tadi berupa uap) tekanan dan panasnya di naikkkan kemudian uap panas tersebut di dinginkan pada kondensor agar jadi cairan.
Pada evaporator cairan di kurangi tekanan sehingga menguap dan menyerap panas dalam cabinet ( mendinginkan ruangan cabinet) dalam bentuk uap (gas) refrigerant di hisap lagi oleh kompresor sehingga proses tersebut akan terus berulang.
Dalam system pendinginan ini jumlah refrigerant adalah tetap meskipun mengalami perubahan – perubahan bentuk (ujud). Sehingga dalam system tak perlu di tambah refrigerant kalau tidak terjadi kebocoran.

Di bawah ini akan di jelaskan 6 pengaturan pada room air conditioner:
1)suhu udara ( temperature)
adalah derajat panas atau dingin dari udara yang di ukur dengan thermometer. Udara yang diinginkan atau di panaskan untuk membuat suhu ruangan menjadi sejuk. Perubahan suhu udara terhadap badan kita telah kita rasakan pengaruhnya. Tetapi biarpun suhu udara telah di turunkan tetapi kalau kelembapan udara masih tinggi kita tidak akan merasakan sejuk yang sebenarnya.

2)Kelembapan (humudlty)
Untuk mendapatkan udara yang sejuk dan nyaman di dalam ruangan. Kita harus mengatur kelembapan udara dengan mengambil uap air dari udara atau menambah uap air pada udara yang mengalir dalam ruangan
Jumlah kelembapan udara dapat mempengaruhi tingkat penguapan dari badan kita. Udara yang kering dapat mempercepat penguapan sehingga mendinginkan permukaan yang menguap dan badan kita merasa dingin. Udara lembap menghalangi penguapan dari badan kita merasa pana, meskipun pada suhu ruangan yang sama.

3)Aliran udara (air motion)
Di perlukan untuk mengalirkan udara dengan kecepatan tertentu yang merata kesemua bagian ruangan. Kita akan merasa dingin atau panas dari udara aliran dingin atau panas yang mengalir mengenai tubuh kita. Pada ruangan yang tidak dapat mengalir udara akan sedikit sekali perubahan yang di rasakan dan sulit untuk mengatur suhu dan kelembapan.

4)Membersihkan udara (air cleaning)
Untuk mengambil debu, kuman, dan lain – lain kotoran yang ikut di udara. Udara yang mengalir di saring, kotorannya di ambil, sehingga yang keluar dari saringan adalah udara yang bersih dan sehat.

5)Ventilasi dari udara luar (fres air ventilation)
Untuk menambah udara yang segar dan zat azam dari udara luar ke dalam ruangan dan membuat tekanan di dalam ruangan menjadi tinggi, biasanya di perlukan pergantian udara (air change) 1-2 kali tipa jam dari ruangan yang di atur udarantya.

6)Mengeluarkan udara kotor (exhaust)
Untuk mengeluarkan asap rokok, bau yang tidak sedap, sisa pernapasan orang, dan lain – lain dalam ruangan.

Tidak ada komentar: