Minggu, 02 Agustus 2009

Proses dasar terjadinya dingin

Proses dasar terjadinya dingin


Dingin merupakan hasil yang di ciptakan oleh mesin pendingin, terutama kulkas, freezer dan AC.
Bahkan ketiga peralatan itu mampu menghasulkan udara atau suhu di bawah 0 derajat Celcius sehingga dapat membekukan air menjadi es.
Proses terjadinya pendinginan yang di ciptakan oleh mesin pendingin sebenarnya merupakan tiruan atau meniru terjadinya dingin yang di sebabkan oleh alam.
Dan dengan dingin sebenarnya merupakan suatu proses penguapan karena adanya panas. Atau ada pula di katakana bahwa penguapan dari suatu cairan karena adanya panas akan menimbulkan udara dingin di sekitarnya.
Untuk lebih memudahkan pengertian dalam memahami masalah ini, kita dapat mengambil beberapa contoh proses terjadinya dingin yang di sebabkan oleh alam.
Pada dasarnya udara yang ada di sekeliling kita mengandung air.
Contoh yang paling sederhana untuk membuktikan hal ini di perlihatkan pada gambar di bawah ini.

pembuktian bahwa udara mengandung air

Bila sebuah gelas kosong di sini di isi es batu, bagian luar dinding gelas akan mengembun karena adanya dingin yang berasal dari es.
Ini membuktikan bahwa udara yang berada di sekeliling kita mengandung air.
Besar kecilnya kadar air yang ada di dalam udara tergantung dari keadaan cuaca.
Pada waktu malam hari, lebih-lebih udara dini hari menjelang fajar, kadar air terdapat di dalam udara lebih besar sebanding siang hari.
Sebab udara yang berhembus pada dini hari tidak mengalami proses penguapan lebih cepat sehingga menimbulkan titik embun pada daun.
Tetapi pada siang hari, di mana sinar matahari begitu menyengat, kadar air yang ada di dalam lebih cepat menguap, sehingga tidak menghasilkan embun.
Proses penguapan dari suatu cairan sebagaimana di jelaskan di atas masih mengandung suhu panas tertentu sehingga tidak mampu membekukan air menjadi es. Karena itu untuk mendapatkan suatu cairan yang yang penguapannya mampu membekukan air menjadi es, harus di cari cairan yang penguapannya sangat cepat dan singkat. Dari hasil penelitian telah di temukan beberapa cairan gas yang mampu melakukan hal itu, antara lain gas feeon 12, Freon 22, Freon 114 dan methyl chloride.

Tidak ada komentar: